Membiasakan Berperilaku Terpuji dan Menghindari Perilaku Negatif dalam Pergaulan Remaja

Membiasakan berperilaku terpuji dalam pergaulan remaja - Dalam pergaulan sehari-hari di tengah masyarakat, seorang remaja harus memiliki prinsip yang kuat di antaranya ;

1. Memiliki kemampuan controlling dan membawa diri di mana berada. Sesuai yang disabdakan Rasulullah Saw. dalam hadis yang artinya "Bertaqwalah dimanapun kamu berada."

2. Mencari kawan yang saleh dan dapat memotivasi untuk mengembangkan kemampuan diri.

3 Mengembangkan sikap konsisten, disiplin,  bertanggung jawab terhadap semua tugas yang diemban sehingga dapat mempersiapkan masa depan yang gemilang.

4. Mengembangkan kemampuan diri untuk  mencapai  prestasi  ataupun kematangan diri sehingga memiliki kemampuan dan modal yang cukup untuk menyongsong masa depan.

5. Tidak mudah larut dalam kesenangan dan pergaulan bebas, karena kebiasaan ini akan menguras segala kemampuan dan dapat menghancurkan masa depan.

6. Menutup aurat dan berbusana sepantasnya sesuai dengan norma-norma sosial, adat dan agama.


Menghindari perilaku negatif dalam pergaulan remaja - Usia remaja adalah usia pencarian jati diri (identitas diri). Pada usia ini, remaja menghadapi dua hal penting, yakni dirinya sendiri dan dunia luar (external) seperti lingkungan. Di antara dua hal tersebut, terkadang terjadi keserasian atau bahkan kontradiksi.

Dalam menghadapi dua hal tersebut, remaja terkadang terjebak dalam kecemasan, ketidakpastian, dan kebingungan. Hal seperti inilah yang biasanya menyebabkan remaja jatuh kepada perilaku yang membahayakan dirinya atau orang lain. Oleh sebab itu, remaja harus mendapatkan bimbingan, contoh dan pendidikan yang baik sesuai dengan akhlak Islam.

Akhir-akhir ini sering terdengar di berbagai media massa tentang perilaku remaja yang menyimpang, yang tidak sesuai dengan akhlak Islam, seperti perkelahian massal antar remaja, perusakan bus kota, perampokan bus, penodongan, penyalahgunaan narkoba, obat terlarang, pemerkosaan, pembunuhan, pelacuran, perzinaan dan sebagainya.

Menghindari perbuatan-perbuatan menyimpang tersebut merupakan tugas remaja dan kita semua untuk mengarahkan, menasihati dan membimbing mereka ke perbuatan-perbuatan yang baik. Oleh sebab itu, setiap remaja harus mawas diri dengan cara mengindari perilaku-perilaku negatif seperti berikut:

1. Bermalas-malas dan suka menunda pekerjaan.

2. Mementingkan bermain atau santai daripada belajar.

3. Suka keluyuran atau menghabiskan waktu tanpa agenda dan tujuan yang jelas.

4. Ragu-ragu atau bimbang dalam memutuskan sesuatu.

5. Sering mengecilkan kemampuan dan potensi diri sendiri.

6. Mudah larut dalam berbagai kesenangan tanpa perhitungan akibatnya.

7. Kecenderungan untuk mengabaikan segala kebiasaan yang baik.

8. Munculnya praktik hidup sehari-hari dengan gaya hidup penuh santai, duduk-duduk di pinggir jalan, bermain dalam memakan waktu yang lama hingga melupakan tugas pokok sebagai anak dan pelajar, bersenda gurau berlebihan, menonton TV berlebihan, serta menonton hiburan yang bersifat hura-hura dan tidak mendidik.

Sumber: Dikutip dari Buku Siswa Akidah Akhlak K13 Kelas 10 Revisi 2015

0 Response to "Membiasakan Berperilaku Terpuji dan Menghindari Perilaku Negatif dalam Pergaulan Remaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel