Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Di bawah ini yang tidak termasuk lembaga sarana mobilitas sosial adalah ….

Di bawah ini yang tidak termasuk lembaga sarana mobilitas sosial adalah ….

a. organisasi politik

b. organisasi tradisional

c. lembaga pendidikan

d. angkatan bersenjata

e. organisasi ekonomi


Jawaban B

Di bawah ini yang termasuk lembaga sarana mobilitas sosial.

1. Angkatan Bersenjata

 

Angkatan bersenjata merupakan salah satu organisasi yang dapat digunakan sebagai sarana mobilitas vertikal ke atas melalui mekanisme kenaikan pangkat para prajurit. Misalnya, seorang prajurit yang berjasa menumpas pemberontakan akan mendapatkan penghargaan dari negara berupa kenaikan pangkat yang lebih tinggi, walaupun ia berasal dari golongan masyarakat rendah.

2. Lembaga Keagamaan

Lembaga-lembaga keagamaan dapat menjadi sarana mobilitas sosial seseorang. Misalnya, para pemuka agama, seperti ustad, pendeta, biksu, dan pastur. Lembaga-lembaga keagamaan juga merupakan saluran penting dalam mobilitas sosial vertikal.

Setiap ajaran agama menganggap bahwa manusia mempunyai kedudukan yang sederajat. Para pemuka agama

selalu berusaha keras untuk menaikkan kedudukan orang-orang dari lapisan rendah dalam masyarakat agar memperoleh kedudukan yang sederajat. Misalnya, Nabi Muhammad saw. yang berjuang mengangkat derajat para budak dan kaum wanita yang sebelumnya tertindas.

3. Lembaga Pendidikan

Lembaga-lembaga pendidikan merupakan sarana mobilitas sosial yang efektif karena dapat mengangkat kedudukan seseorang yang rendah ke kedudukan yang lebih tinggi. Lembaga pendidikan sering disebut social elevator karena mempercepat mobilitas sosial seseorang. Pendidikan memberikan kesempatan pada seseorang untuk menempati kedudukan yang lebih tinggi. Misalnya, seorang anak yang berasal dari keluarga miskin yang berhasil menempuh pendidikan tinggi sehingga dengan berbekal pendidikannya ia bisa mendapatkan bekerja dengan penghasilan yang tinggi. Ada asumsi yang melatarbelakangi pemikiran pendidikan sebagai the great equalizer.

4. Organisasi Politik

Organisasi politik bisa menjadi sarana mobilitas sosial para anggotanya untuk menempati jabatan yang lebih tinggi sehingga status sosialnya meningkat. Misalnya, seorang anggota partai politik yang pandai berorganisasi dan giat dapat mencapai kedudukan politik yang tinggi, seperti menjadi pimpinan partai atau anggota DPR atau MPR, dan menteri.

5. Organisasi Ekonomi

Organisasi ekonomi seperti perusahaan, koperasi, dan BUMN bisa menjadi sarana mobilitas sosial para anggotanya karena lembaga tersebut dapat meningkatkan tingkat pendapatan seseorang. Seseorang yang bekerja di lembaga ekonomi akan meningkat penghasilannya sehingga status sosialnya di masyarakat meningkat.