Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang menjadi penyebab terjadinya pelapisan sosial di masyarakat adalah adanya ….

Hal yang menjadi penyebab terjadinya pelapisan sosial di masyarakat adalah adanya ….

a. sesuatu hal yang dihargai oleh masyarakat

b. silang pendapat pada masyarakat modern

c. keinginan yang berbeda dalam masyarakat

d. kemajuan dalam masyarakat yang berbeda

e. perilaku-perilaku yang menimbulkan konflik di masyarakat


Jawaban A

Hal yang menjadi penyebab terjadinya pelapisan sosial di masyarakat adalah adanya sesuatu hal yang dihargai oleh masyarakat. Sesuatu yang dipandang perlu dalam masyarakat di antaranya adalah uang, tanah, benda-benda bernilai ekonomi, kekuasaan, ilmu pengetahuan, keturunan, pekerjaan, dan kesalehan dalam agama. 

Setiap masyarakat mempunyai sesuatu yang dihargai, bisa berupa kepandaian, kekayaan, kekuasaan, profesi, keaslian keanggotaan masyarakat dan sebagainya. Selama manusia membeda-bedakan penghargaan terhadap sesuatu yang dimiliki tersebut, pasti akan menimbulkan lapisan-lapisan dalam masyarakat. 

Semakin banyak kepemilikan, kecakapan masyarakat/seseorang terhadap sesuatu yang dihargai, semakin tinggi kedudukan atau lapisannya. Sebaliknya bagi mereka yang hanya mempunyai sedikit atau bahkan tidak memiliki sama sekali, maka mereka mempunyai kedudukan dan lapisan yang rendah. 

Seseorang yang mempunyai tugas sebagai pejabat/ketua atau pemimpin pasti menempati lapisan yang tinggi daripada sebagai anggota masyarakat yang tidak mempunyai tugas apa-apa. Karena penghargaan terhadap jasa atau pengabdiannya seseorang bisa pula ditempatkan pada posisi yang tinggi. 

Misalnya, pahlawan, pelopor, penemu, dan sebagainya. Dapat juga karena keahlian dan keterampilan seseorang dalam pekerjaan tertentu dia menduduki posisi tinggi jika dibandingkan dengan pekerja yang tidak mempunyai keterampilan apa pun.