Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekayaan sering juga disebut sebagai kriteria penentuan stratifikasi sosial berdasarkan ukuran ….

Kekayaan sering juga disebut sebagai kriteria penentuan stratifikasi sosial berdasarkan ukuran ….

a. ekonomi

b. kekuasaan

c. keturunan

d. kepandaian

e. keberuntungan


Jawaban E

Kriteria atau ukuran yang umumnya digunakan untuk mengelompokkan para anggota masyarakat ke dalam suatu lapisan tertentu adalah sebagai berikut.

a. Kekayaan

Kekayaan atau sering juga disebut ukuran ekonomi. Orang yang memiliki harta benda berlimpah (kaya) akan lebih dihargai dan dihormati daripada orang yang miskin.

b. Kekuasaan

Kekuasaan dipengaruhi oleh kedudukan atau posisi seseorang dalam masyarakat. Seorang yang memiliki kekuasaan dan wewenang besar akan menempati lapisan sosial atas. Sebaliknya orang yang tidak mempunyai kekuasaan berada di lapisan bawah.

c. Keturunan

Ukuran keturunan terlepas dari ukuran kekayaan atau kekuasaan. Keturunan yang dimaksud adalah keturunan berdasarkan golongan kebangsawanan atau kehormatan. Kaum bangsawan akan menempati lapisan atas seperti gelar andi di masyarakat Bugis, raden di masyarakat Jawa, dan tengku di masyarakat.

d. Kepandaian/penguasaan ilmu pengetahuan

Seseorang yang berpendidikan tinggi dan meraih gelar kesarjanaan atau yang memiliki keahlian/profesional dipandang berkedudukan lebih tinggi, jika dibandingkan orang berpendidikan rendah. Status seseorang juga ditentukan dalam penguasaan pengetahuan lain. Misalnya, pengetahuan agama, keterampilan khusus, dan kesaktian.