Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masing-masing agama tersebut memiliki berbagai perbedaan. Perbedaan itu, di antaranya terletak pada hal-hal sebagai berikut, kecuali ….

Masing-masing agama tersebut memiliki berbagai perbedaan. Perbedaan itu, di antaranya terletak pada hal-hal sebagai berikut, kecuali ….

a. konsep keimanan

b. kitab suci djadikan sumber ajaran agama

c. nabi atau raul

d. sistem pribadatan

e. hukum-hukum negara


Jawaban E

Masing-masing agama tersebut memiliki berbagai perbedaan. Perbedaan itu, di antaranya terletak pada hal-hal sebagai berikut.

a. Konsep Keimanan

Konsep keimanan mengandung segala keyakinan serta bayangan manusia tentang sifatsifat Tuhan dan tentang wujud alam gaib. Selain itu, tentang segala nilai, norma, dan ajaran dari agama yang bersangkutan. Masing-masing agama tentu mempunyai konsep keimanan yang berbeda satu dengan lainnya. Konsep-konsep keimanan tersebut pada masing-masing agama sangat diyakini oleh pengikutnya.

b. Kitab Suci Dijadikan Sumber Ajaran Agama

Kitab suci dijadikan sebagai pedoman dalam beribadah dan bertingkah laku sehari-hari. Kitab-kitab suci agama di Indonesia, yaitu Alquran, Injil, Weda, dan Tripitaka.

c. Nabi atau Rasul Pembawa Ajaran Agama kepada Umatnya

Awal mula pembawa ajaran agama yang ada di Indonesia berbeda-beda. Misalnya, pedagang dan Wali Sanga merupakan pembawa dan penyebar agama Islam.

d. Sistem Peribadatan serta Upacara Keagamaan

Sistem peribadatan pada masing-masing agama berbeda. Begitu juga dengan upacara keagamaan. Misalnya, Idul Adha, Paskah, Nyepi, dan Waisak.

e. Hukum-hukum yang Berlaku dalam Kehidupan

Dalam masyarakat Indonesia yang majemuk, keanekaragaman agama merupakan kenyataan sosial yang harus diterima serta disikapi secara arif dan bijaksana. Perbedaan itu janganlah menimbulkan pertentangan dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Agama diturunkan untuk mengatur kehidupan sosial manusia agar dapat hidup selamat dunia dan akhirat. Dalam agama diajarkan agar manusia saling menghormati, mencintai, selalu berbuat kebenaran, menjauhi larangan, menjalin persatuan, serta menghindarkan perpecahan dan permusuhan satu sama lain.