Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobilitas sosial dipengaruhi oleh faktor-faktor, sebagai berikut, kecuali ….

Mobilitas sosial dipengaruhi oleh faktor-faktor, sebagai berikut, kecuali ….

a. perubahan politik

b. perubahan kondisi sosial

c. ekspansi teritorial dan perpindahan penduduk

d. pola komunikasi yang bebas

e. pembagian kerja


Jawaban A

Mobilitas sosial dipengaruhi oleh faktor-faktor, antara lain sebagai berikut.

1. Perubahan Kondisi Sosial

Struktur kasta dan kelas dapat berubah karena adanya perubahan dari dalam dan dari luar masyarakat. Misalnya, kemajuan teknologi yang membuka kemungkinan timbulnya mobilitas sosial ke atas atau perubahan ideologi yang dapat menimbulkan stratifkasi sosial yang baru.

2. Ekspansi Teritorial dan Perpindahan Penduduk

Ekspansi teritorial dan perpindahan penduduk yang cepat memperkuat ciri fleksibilitas struktur stratifkasi dan mobilitas sosial. Misalnya, perkembangan kota, transmigrasi, dan pertumbuhan atau penurunan jumlah penduduk.

3. Pola Komunikasi yang Bebas

Situasi-situasi yang membatasi komunikasi antarkelompok sosial menambah hambatan antarkelompok sosial untuk melakukan pertukaran pengetahuan dan pengalaman dan akan menghalangi mobilitas sosial. Sebaliknya, pendidikan dan komunikasi yang bebas serta efektif antarkelompok sosial akan memudarkan semua batas garis strata sosial yang ada dan merangsang mobilitas sosial.

4. Pembagian Kerja

Terjadinya mobilitas sosial dipengaruhi oleh tingkat pembagian kerja yang dalam masyarakat. Apabila tingkat pembagian kerja dalam masyarakat tinggi, mobilitas sosial akan sulit dilakukan yang menghambat terjadinya peningkatan status sosial dalam pekerjaan karena spesialisasi pekerjaan menuntut adanya keterampilan khusus. Kondisi ini mendorong anggota masyarakatnya untuk berusaha menempati status tersebut.