Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ronald Freedman mengklasifkasikan kelompok sosial menjadi ….

Ronald Freedman mengklasifkasikan kelompok sosial menjadi ….

a. kelompok asosiasi dan kelompok sosial

b. kelompok kerabat dan kelompok persekutuan hidup

c. paguyuban dan patembayan

d. kelompok permainan dan kelompok pendidikan

e. kelompok primer dan masyarakat setempat


Jawaban E

Ronald Freedman mengklasifkasikan kelompok sosial menjadi kelompok primer, masyarakat setempat, perserikatan, masyarakat, dan kelompok-kelompok sementara.

a. Kelompok Primer

Dikatakan kelompok primer karena kelompok ini merupakan fundamen dalam pembentukan pola tingkah laku dan sikap- sikap anggota-anggotanya. Kelompok primer ditandai dengan keakraban atau keintiman; hubungan tatap muka secara langsung atau face to face; suatu derajat, tingkat kelangsungan atau kepermanenan yang relatif. Kelompok sosial yang termasuk kelompok primer, antara lain hubungan suami-istri atau keluarga dan hubungan teman akrab, sahabat, atau kekasih.

b. Masyarakat Setempat

Istilah masyarakat setempat menunjuk pada suatu organisasi atau susunan keluarga dan unit-unit sosial lainnya. Contohnya warga sebuah desa, kota, suku, atau suatu bangsa yang saling tergantung satu sama lain untuk pemuasan sebagian besar kebutuhan utamanya dan letaknya berdekatan.

c. Perserikatan-Perserikatan

Perserikatan adalah susunan yang kompleks dari kelompok-kelompok khusus dalam usaha manusia untuk mencapai tujuan- tujuan tertentu. Dari semua kelompok sosial, perserikatan merupakan kelompok yang paling formal sifatnya. Artinya, dalam perserikatan terdapat hubungan-hubungan sosial yang paling formal, tidak bersifat pribadi, dan aktivitas-aktivitasnya

dibatasi secara tegas oleh peraturan. Kelompok sosial yang termasuk perserikatan, antara lain perseroan terbatas (PT), serikat buruh, dan sekolah.

d. Masyarakat

Masyarakat adalah kelompok fungsional yang mempunyai daerah geografs jelas. Wilayahnya tidak terbatas pada suatu daerah sempit melainkan meliputi berbagai daerah. Kita perlu memerhatikan masyarakat karena

1) masyarakat merupakan kelompok yang paling penting dan kompleks.

2) masyarakat merupakan salah satu kelompok di mana orang sering tidak sadar bahwa ia menjadi anggotanya.

e. Kelompok-Kelompok Sementara

Pada dasarnya kelompok-kelompok ini bersifat sementara. Kelompok yang termasuk kelompok sementara, antara lain kerumunan (crowd), gerombolan-gerombolan (mobs), dan hadirin (audiences)