Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seorang siswa mengalami kesulitan ketika harus menentukan satu pilihan di antara dua atau lebih pilihan

Seorang siswa mengalami kesulitan ketika harus menentukan satu pilihan di antara dua atau lebih pilihan seperti harus memutuskan untuk masuk sekolah atau tidak. Padahal semua pilihan ternyata mengandung risiko, yaitu jika mau memilih masuk sekolah terasa bahwa badannya sedang tidak sehat, sedangkan jika mau memilih tidak masuk sekolah maka hari itu ada ulangan. Hal di atas termasuk jenis konflik ….

a. internal

b. eksternal

c. maternal

d. paternal

e. patronal


Jawaban A

Berdasar lingkupnya, konflik dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu konflik internal dan konflik eksternal. Konflik internal merupakan konflik yang terjadi di dalam diri seseorang atau konflik yang berkembang di dalam keluarga atau kelompok tertentu dan tidak melibatkan pihak lain dari kelompok lain. 

Misalnya, ketika seorang siswa mengalami kesulitan ketika harus menentukan satu pilihan di antara dua atau lebih pilihan seperti harus memutuskan untuk masuk sekolah atau tidak. 

Padahal semua pilihan ternyata mengandung risiko, yaitu jika mau memilih masuk sekolah terasa bahwa badannya sedang tidak sehat, sedangkan jika mau memilih tidak masuk sekolah maka hari itu ada ulangan.